Sabtu, 07 April 2018

Contoh karangan narasi ekspositoris

JATUHNYA SOEHARTO TAHUN 1998


 Turunnya Soeharto dari kursi kepresidenan pada bulan Mei 1998 sungguh mencengangkan semua pihak. Mundurnya Soeharto dari kurso kepresidenan didorong oleh beberapa faktor. Pertama, semakin memburuknya situasi perekonomian saat itu. Berdasarkan analisis Hall Hill munculnya krisis moneter yang berkembang menjadi krisis ekonomi sejak Juli 1997 merupakan persoalan yang secara signifikan menyebabkan jatuhnya Soeharto.

   Krisis yang awalnya dipengaruhi oleh terjadinya krisis ekonomi di Thailand, kemudian menimbulkan ketakutan para investor untuk melakukan bisnisnya. Tidak hanya di Thailand tetapi juga di negara Asia Tenggara. Kedua, setelah terpilih sebagai presiden untuk yang ketujuh kalinya, Soeharto justru menunjukan sikap yang sulit dimengerti.

   Ketiga, gencarnya tuntutan reformasi dari mahasiswa dan pimpinan oposisi seperti Amin Rais, Megawati dan Abdurahman Wahid. Keempat, perpecahan elit ditubuh ABRI/TNI. Dan masih banyak lagi faktor - faktor yang mempengaruhi jatuhnya pemerintahan Soeharto.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar